Cara Berkarier Menggunakan Media Sosial


media sosial
Berkarier tidak hanya dilakukan di dunia nyata, tapi juga melalui dunia maya, salah satunya menggunakan media sosial, seperti yang kosnoe.com kutip dari liputan6 berikut.
Dahulu aspek nilai, strata pendidikan, ilmu, dan pengetahuan seseorang merupakan pertimbangan yang lebih penting bagi perusahaan dalam merekrut pegawai baru, beberapa perusahaan juga masih menggunakan cara-cara ini. Namun demikian, kini ada aspek penilaian baru yang kerap digunakan perusahaan sebelum merekrut pegawai baru, yaitu media sosial.

Selain banyaknya pengikut, seberapa aktif dan besar pengaruh Anda di media sosial juga mulai jadi pertimbangan perusahaan merekrut pegawai.

Secara tidak langsung media sosial jadi sarana bagi perusahaan atau publik merepresentasikan pribadi seseorang. Sejak kehadiran internet, Anda pun tidak bisa menutup mata bagaimana media sosial berperan pada perkembangan karier seseorang.

Berikut beberapa cara memperlakukan media sosial agar perkembangan karier Anda jadi jauh lebih baik.

1. Temukan Keunikan Anda
Anda mungkin akan dapat menemukan banyak kesamaan dengan orang lain, mulai dari hobi, keahlian, sampai fisik. Seorang model, Abigail Ratchford, yang kini memiliki 2,2 juta pengikut di instagramnya mengatakan, seorang perempuan harus bisa meng-kategorisasi dirinya sendiri. Apakah dia seorang gadis glamor, sporty, atau elegan. Keunikan yang ada pada diri seseorang ketika digali, dimanfaatkan, dan ditampilkan melalui media sosial akan menambah nilai jual.

2. Hubungan Baik dalam Membangun Relasi dan Jaringan
Jaringan atau networking dengan relasi baik itu teman atau klien sangatlah penting dalam dunia kerja. Media sosial membuka kesempatan tersebut selebar mungkin untuk menemukan orang-orang yang akan membantu Anda meraih kesuksesan. Anda bisa mengunggah karya pribadi, atau bahkan menjalin pertemanan dengan orang-orang terkenal. Hubungan yang terjalin pun akan bersifat saling menguntungkan layaknya seorang model membutuhkan fotografer dan sebaliknya.

3. Tunjukkan Kepribadian Anda
Apa yang dikatakan atau publikasikan di media sosial, itu yang menjadi representasi dari kepribadian Anda di mata publik. Untuk membantu karir, Anda harus sudah menentukan ingin dikenal sebagai sosok seperti apa. Kemudian, Anda mulai bisa memilih konten yang akan ditampilkan di media sosial sehingga pesan dan tujuannya selaras. Dan mulailah untuk menentukan identitas yang akan dibangun.

0 Response to Cara Berkarier Menggunakan Media Sosial

Post a Comment